Cari Blog Ini

Senin, 16 Agustus 2010

Setting Internet Smartphone Android Samsung GT I5700 Galaxy Spica

Samsung GT I5700 atau biasa disebut dengan Samsung Galaxy Spica adalah smartphone dengan sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google. Untuk versi Android-nya sendiri adalah versi 2.1 Éclair, ada juga yang masih menggunakan versi 1.5 Cupcake (yang masih menggunakan versi 1.5 bisa diupgrade ke versi 2.1).

Kebetulan Samsung Galaxy Spica yang saya gunakan sudah menggunakan Android versi 2.1. Berikut ini saya akan menginformasikan cara setting koneksi internet pada smartphone ini, mengingat koneksi internet menjadi hal yang cukup penting untuk melakukan sinkronisasi data contact, calendar, notes yang ada di smartphone ini dengan akun Google yang kita miliki.

Tahapan untuk koneksi internet pada ponsel Android ini relatif mudah, karena pembagian menu dan submenu yang cukup jelas dan mudah diikuti. Dalam contoh ini saya menggunakan paket internet unlimited 500Mb dari kartu 3 (Tri).

Pertama kita masuk ke menu Settings, dan pilih Wireless & networks. Dalam menu Wireless & networks kita memilih Mobile network (urutan paling bawah).

Pada bagian Mobile network ini kita membuat akses point baru melalui Access Point Names. Pada kondisi awal bagian ini kosong, karena kita belum membuat akses point apapun, untuk membuatnya klik tombol menu, kemudian pilih New APN.

Untuk Name bebas kita mau isi apa saja, yang penting adalah bagian APN, username, dan password (disesuaikan dengan kartu yang kita pakai). Di sini saya gunakan kartu 3 (Tri), jadi untuk APN, username, dan password saya isi dengan 3data. Jika kita menggunakan kartu Flash Unlimited, untuk APN diisi dengan internet, sedangkan username dan password dikosongkan (untuk kartu GSM lain bisa dilihat di parameter koneksi internet GSM). Untuk bagian lain dalam Edit Access Point tidak harus diisi (biasanya operator hanya menentukan APN, username, dan password saja). Jika sudah klik tombol menu dan simpan (Save).

Selanjutnya kita tinggal mengaktifkan APN yang telah kita buat tadi dengan mengklik APN yang baru saja kita buat tersebut (ditandai dengan tanda hijau di sebelah kanannya), dan kita sudah bisa online dengan Samsung Galaxy Spica kita.

Itu tadi info singkat tentang setting internet Samsung GT I5700 Galaxy Spica, semoga bermanfaat.

Catatan:

Sebaiknya gunakan paket internet unlimited, karena smartphone berbasis Android ini biasa melakukan koneksi internet secara otomatis untuk sinkronisasi (atau bisa juga menonaktifkan koneksi dengan bantuan APNdroid yang bisa didownload di Android Market).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar