Cari Blog Ini

Senin, 16 Agustus 2010

Block Animasi Flash pada Google Chrome dengan FlashBlock

Dulu saya pernah menulis informasi tentang cara melakukan block image dan flash pada browser Firefox dan menyembunyikan image serta flash pada browser Internet Explorer. Untuk kali ini, saya akan menginformasikan cara menyembunyikan animasi flash pada browser Google Chrome.

Sama seperti tulisan terdahulu, tujuan dari melakukan block (menyembunyikan) animasi flash di sini adalah untuk meningkatkan kecepatan browser saat membuka sebuah halaman web yang menampilkan flash pada halamannya, karena memang file flash relatif memiliki ukuran file yang lebih besar dibandingkan image (dengan ukuran yang sama), apalagi dibandingkan dengan file teks.

Selain mempercepat proses loading, tentunya karena flash tersebut tidak ikut dibuka maka besar file yang dibuka juga akan lebih kecil (ini akan menghemat biaya yang dikeluarkan untuk jenis koneksi internet berbasis volume).

Keuntungan lainnya adalah kita sebagai pengunjung tidak perlu melihat dan membaca iklan (ini untuk jenis iklan berbentuk animasi flash) yang ada pada halaman web tertentu. Sebagai contoh berikut adalah contoh halaman detik.com yang memiliki flash di dalamnya (animasi flash saya beri tanda panah merah).



Untuk menyembunyikan animasi flash pada browser Chrome ini tidak sulit, karena kita bisa menginstall extensions FlashBlock (Chrome versi 4 ke atas, di sini saya menggunakan Chrome 5.0.322.2 dev). Secara default FlashBlock akan memblock semua animasi flash kecuali Youtube.com, untuk merubah seting dari FlashBlock, kita bisa mengakses melalui menu Extensions, atau mengklik kanan pada ikon FlashBlock yang ada pada address bar dan pilih Options.

Dalam menu Options FlashBlock ada 2 submenu, yaitu Settings dan White List. Settings berfungsi mengatur fungsi dan tampilan dari FlashBlock (termasuk penempatan ikon FlashBlock), sedangkan White List berfungsi untuk menampilkan halaman web tertentu yang tidak kita block animasi flash-nya.





Jika suatu alamat website tidak masuk dalam White List otomatis flash-nya akan diblock, seperti contoh halaman detik.com yang sebelumnya saya tampilkan di atas, dan di bawah ini adalah halaman yang sama setelah diblock animasi flashnya.



Jika kita ingin melihat animasi flash bagian tertentu saja, maka kita bisa membukanya dengan mengklik ikon flash yang ada di pojok kiri atas dari animasi flash yang terblock tersebut (dalam contoh gambar di atas saya beri tanda panah merah), dan otomatis bagian tersebut akan dibuka block-nya dan animasi tersebut akan muncul kembali.



Itu tadi informasi seputar blocking flash pada Google Chrome menggunakan FlashBlock.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar