Cari Blog Ini

Minggu, 15 Agustus 2010

Mengembalikan (Restore) Folder Options pada File Explorer Windows XP dengan Re-Enable

Informasi kali ini saya tulis berdasarkan pengalaman temen saya yang mengeluh karena file-file tersebunyi (hidden files) termasuk yang sengaja disembunyikan di dalam komputernya tidak bisa diakses, karena pilihan Folder Options yang biasanya muncul dalam menu Tools sudah tidak ada lagi.
Informasi kali ini saya tulis berdasarkan pengalaman temen saya yang mengeluh karena file-file tersebunyi (hidden files) termasuk yang sengaja disembunyikan di dalam komputernya tidak bisa diakses, karena pilihan Folder Options yang biasanya muncul dalam menu Tools sudah tidak ada lagi.

Dulu saya juga punya pengalaman seperti itu, Folder Options ini sendiri hilang diakibatkan ulah virus yang telah mengubah registry sehingga pilihan Folder Options dihilangkan. Biasanya ini juga dibarengi dengan tidak bisa diaksesnya Registry Editor, CMD (command prompt), Restore, dan fungsi administrator lainnya. Kadang walaupun virus itu sendiri sudah dihilangkan atau dihapus menggunakan antivirus, efek dari virusnya itu sendiri tidak bisa ikut pulih alias Folder Options tetep tidak muncul kembali.



Untuk mengembalikan menu Folder Options dan temen-temennya tersebut, biasanya saya melakukan install ulang Windows (dengan terpaksa, karena untuk mengembalikan registry cukup rumit). Setelah mencoba mencari informasi lebih lanjut, saya menemukan ada cara lain yang jauh lebih mudah untuk dapat mengembalikan Folder Options tanpa harus melakukan install ulang Windows.

Cara lain yang lebih mudah tersebut menggunakan software Re-Enable v2 Portable. Re-Enable v2 Portable ini sendiri adalah software gratisan (freeware) dan tidak perlu diinstall dan bisa dijalankan melalui flashdisk (portable).

Penggunaan Re-Enable ini sangat mudah, kita hanya perlu menjalankan Re-Enable v2 Portable.exe. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu komputer kita telah bersih dari virus, worms, trojan, malware-spyware, untuk ini kita bisa menggunakan antivirus Avira, AVG, F-Secure, Kaspersky, BitDefender, McAfee, Smadav, PCMAV, atau antivirus lainnya. Setelah komputer kita bersih dari virus, worms, trojan, malware-spyware, selanjutnya kita jalankan Re-Enable.



Dalam panel Re-Enable v2 kita hanya perlu memilih bagian apa saja yang ingin kita kembalikan (restore), kemudian klik Re-Enable, restart komputer. Sekarang kita bisa cek, menu Folder Options atau fungsi lain yang telah kita pilih sebelumnya seharusnya sudah muncul kembali dan bisa kita jalankan. Jika Folder Options atau fungsi lain masih belum bisa berjalan, kemungkinan besar virus masih berjalan di dalam system dan membatalkan proses Re-Enable tersebut, untuk ini kita harus melakukan scan ulang komputer kita.

Dengan menggunakan Re-Enable v2 ini, fungsi Folder Options pada komputer temen saya bisa berjalan kembali dan bisa mengakses hidden files yang ada di komputernya, tanpa harus menginstall ulang Windows XP-nya.

Itu tadi informasi tentang cara mengembalikan menu Folder Options pada File Explorer Windows XP, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar