Cari Blog Ini

Selasa, 24 Agustus 2010

Mangatasi blinking pada printer Epson


Sebelum melakukan sesuatu pada printer anda kenali dulu apakah printer anda memang betul-betul blinking. Sehabis proses head cleaning, tiba-tiba printer anda tidak bisa nge print ? tombol power dan tombol error menyalah trus, inilah yang di sebut blinking. Jangan salahkan siapa-siapa! Itu karena protection counter yang telah menyelamatkan printer anda, maksudnya protection counter tersebut memberitahukan anda bahwa tinta buangan dalam tangki penampungan sudah penuh. Jika saja protection counter ini tidak memberitahukan anda maka tangki tinta pembuangan akan terus terisi ketika melakukan proses head cleaning dan penuh hingga membanjiri printer anda dan kemungkinan printer anda akan rusak total.


Apa sih yang dimaksud protection counter?

Protection counter adalah pengukur tinta buangan, counter akan mengukur kapasitas tinta buangan dalam tangki penampungan khusus. Tangki ini biasanya berada di bagian belakang printer. Ketika printer anda melakukan proses head cleaning maka tinta akan di semprotkan melalui head dan di buang dalam tangki tersebut. Semakin sering anda melakukan proses head cleaning maka kapasitas tinta dalam buangan dalam tangki akan terus bertambah sampai akhirnya penuh.

Seiring dengan dilakukannya head cleaning, counter pun akan menambah hitungan kapasitas tangki penampung tinta buangan tersebut. jika counter telah menyakan bahwa kapasitas tangki penampung tersebut telah penuh, printer anda tidak akan bisa mencetak lagi di tandai dengan nyalahnya tombol power dan tombol error.

Supaya printer anda berfungsi kembali, ada dua cara yang anda perlu lakukan.
Menyedot tinta buangan dan menganti kapas penyerapnya atau anda bisa mencucinya, tentunya anda harus memberanikan diri untuk membongkar printer anda karena tangki penampungan berada dalam printer. Pada printer Epson C45, di bagian belakang sebelah kiri printer ada lubang yang bisa di buka, bukalah bagian itu sedot dulu tinta pembuangannya lalu ganti kapas atau cuci kapasnya. Pasang kembali usahakan serapi bentuk semula.
Mereset protection counter, dalam melakukan proses mereset protection counter, dibutuhkan bantuan software khusus, sayang sekali software untuk mereset protection counter tidak diberikan dalam paket penjualannya. Mungkin karena dalam mengganti atau membersikan tangki tinta penampungan membutuhkan skill teknisi. Anda bisa memintah bantuan kepada OM GOOGLE untuk mendapatkan program resetter tersebut. nama program tersebut adalah “SSC Service Utility” atau anda bisa mencarinya di http://www.ssclg.com. Jika anda telah mendapatkan program reseter tersebut, install ke computer anda setting sesuai dengan printer anda. Setelah selesai di install, anda tinggal klik kanan tray icon SSC Service Utility pilih “protection counter” lalu “Clear Counter Overflow. Selesai.

Catatan : jangan sekali-kali mereset protection counter sebelum anda membersikan penampungan tinta buangan karena ini akan menyebabkan tinta buangan akan tumpah/banjir .


selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar