Cari Blog Ini

Senin, 16 Agustus 2010

Memantau Status Facebook Temen dengan Browser Skyfire

Akses Facebook (FB) semakin dimudahkan, dengan kemunculan Facebook Lite beberapa waktu yang lalu semakin mudah untuk bisa mengakses Facebook dari PC dengan koneksi internet yang merambat pelan sekalipun. Selain PC, Facebook pun bisa dengan mudah diakses dari perangkat komunikasi lainnya seperti ponsel, pda, atau perangkat lain yang penting bisa akses internet, maka otomatis Facebook bisa dibuka.

Dalam posting terdahulu saya pernah membahas Facebook dalam aplikasi eBuddy dan Facebook dalam aplikasi Nimbuzz (keduanya berbasis ponsel). Untuk kali ini saya akan menginformasikan cara lain untuk bisa melihat status dalam Facebook dari temen-temen di akun Facebook kita. Software yang saya gunakan untuk melihat status FB dari temen-temen adalah Skyfire, Skyfire sendiri sebenarnya adalah browser untuk ponsel Nokia berbasis Symbian dan perangkat lain (PDA) berbasis Windows Mobile versi 5 dan 6 (bisa didownload di m.skyfire.com).


Browser Skyfire sendiri menyediakan fasilitas untuk bisa mengakses akun Facebook dan Twitter di dalamnya, dan ini ditempatkan pada halaman home browser Skyfire, jadi mudah untuk mengaksesnya. Untuk mengaktifkan akun Facebook di Skyfire ini relatif mudah, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Setelah kita jalankan Skyfire, kita pilih Customize Your Start Page, kemudian kita masuk tab menu Social. Di sini kita pilih Login pada akun Facebook.



Isikan username dan password Facebook kita, dan Login. Berikutnya kita akan dikonfirmasi apakah Skyfire diijinkan untuk mengakses akun Facebook kita (Allow Skyfire to access my News Feed and Wall), untuk menyetujinya, kita pilih Allow Acces.



Setelah itu konfirmasi ulang sekali lagi akan ditanyakan, jika kita ijinkan maka pilih Continue, untuk membatalkan ijin, pilih No thanks. Dilanjutkan dengan ijin akses pada saat Offline (Allow Offline Access?), pilih Allow Offline Access untuk melanjutkan.



Jika proses berhasil, maka akan muncul notifikasi berhasil (Success), dan saat kita kembali ke home Skyfire, di situ akan muncul status FB dari temen-temen kita.




Sebenernya dalam browser Skyfire ini kita juga bisa menuliskan Status Facebook kita, yaitu dengan memilih Update My Status, dan isikan status kita pada kolom yang ada. Tapi untuk update Status ini sendiri, saya belum berhasil, setiap kali saya pilih Update My Status, maka browser Skyfire akan melakukan proses yang terus berjalan, tanpa sempat menuliskan status yang saya maksud (mungkin browser Skyfire sendiri masih belum sempurna pada tahap ini, atau permasalahan ada pada ponsel saya). Tetapi jika kita ingin mengomentari status FB teman masih bisa dilakukan dengan memilih Comment pada status teman yang kita maksud (yang ingin kita komentari).



Demikian informasi singkat tentang cara memantau status Facebook dari browser Skyfire. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar